News  

PT BEM di Konsel Komitmen Berdayakan Masyarakat Lingkar Tambang

Direktur PT Bintang Energi Mineral, Amor. Foto/ist
Direktur PT Bintang Energi Mineral, Amor. Foto/ist

Andoolo, Bentara Timur- PT Bintang Energi Mineral (BEM) merupakan salah perusahaan tambang pasir silika yang beroperasi di Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam menjalankan aktivitas usahanya, PT BEM berkomitmen melakukan pemberdayaan masyarakat lingkar tambang. Hal itu dikatakan Direktur Utama PT BEM, Amor.

“Aktivitas kita mulai dari awal 2023, dan sejak awal kita sudah lakukan rekayasa sosial terhadap masyarakat sekitar, kami berdayakan masyarakat lingkar tambang,” kata Amor saat ditemui di salah satu warung kopi di Kota Kendari, Senin (7/8/2023).

Amor mengatakan, komitmen itu salah satunya melalui penyaluran dana pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM) di lokasi penambangan dan lokasi yang dilintasi oleh aktivitas hauling PT BEM.

“Kami juga berdayakan masyarakat dengan mengontrak dan menggunakan masyarakat lingkar tambang, bahkan legal kami juga orang dari masyarakat lokal,” ungkapnya.

Selain itu, kata Amor, pihaknya juga dalam melakukan aktivitas hauling selalu melakukan maintenance pembersihan jalan.

“Kami dalam melakukan maintenance pembersihan jalan, kami gunakan lagi masyarakat sekitar untuk melakukan penyiraman jalan, mobil dan sopirnya itu masyarakat sekitar. Itu terus menerus kita lakukan, ada enam armada yang melakukan penyiraman, dan kami pastikan tidak ada dampak debu yang dirasakan masyarakat,” ujar Amor.

Kemudian, pihaknya juga selalu merespon dan menanggapi keluhan masyarakat sekitar.

“Kami selalu berkomitmen dan menjaga bagaimana kami memberdayakan masyarakat lingkar tambang,” pungkasnya.

Penulis : R. Hafid