News  

Puslitbang Polri Lakukan Penelitian di Polda Sultra, Evaluasi Kuantitas dan Kualitas Bagunan Rumah Dinas

Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri mengunjungi Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (2/10/2023). Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan penelitian terkait kuantitas dan kualitas bangunan rumah dinas guna pemenuhan kesejahteraan personel Polri. Foto/ist
Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri mengunjungi Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (2/10/2023). Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan penelitian terkait kuantitas dan kualitas bangunan rumah dinas guna pemenuhan kesejahteraan personel Polri. Foto/ist

Kendari, Bentara Timur – Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri mengunjungi Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (2/10/2023). Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk melakukan penelitian terkait kuantitas dan kualitas bangunan rumah dinas guna pemenuhan kesejahteraan personel Polri.

Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Dachara Polda Sultra dan dibuka Kepala Biro Perencenaan dan Anggaran (Karo Rena) Polda Sultra, Kombes Pol Yulia Agustin Selfa Triana.

Tim Puslitbang Polri dipimpin oleh Kombes Pol Syahrial M. Said, selaku ketua tim dan anggotanya, Ahmad Munif dan Mulyanto, serta didampingi oleh konsultan dari Universitas Indonesia, Suryadi.

Kombes Syahrial mengatakan, tujuan yang dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi peningkatan kuantitas bangunan rumah dinas di lingkungan Polri, melakukan evaluasi kondisi fisik bangunan, serta melakukan evaluasi kualitas bangunan rumah dinas di lingkungan Polri yang meliputi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan.

Ia menjelaskan, dalam mendukung dan mewujudkan tugas pokok Polri tercapai dengan baik sebagaimana harapan masyarakat luas, maka perlu adanya upaya dari pimpinan Polri untuk peningkatan kesejahteraan bagi personel Polri.

Hal tersebut sesuai dengan arah kebijakan program nasional 7 yaitu, memperkuat stabilitas Polhukam dan trasformasi pelayanan publik yang di dalamnya harus dibarengi dengan peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan bagi anggota Polri.

Kesejahteraan merupakan kebutuhan dasar anggota yang harus dipenuhi, karena hal tersebut sebagai pemantik dan pembangkit motivasi kinerja. Ketika kebutuhan dasar sudah terpenuhi diharapkan anggota dapat melakukan tugasnya secara profesional dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Adapun kebutuhan dasar yang dimaksud adalah tersedianya perumahan dinas bagi personel Polri.

Syahrial bilang, Kapolri dalam program prioritasnya sudah mencanangkan dalam konsep transformasi menuju Polri yang presisi melalui aspek reformasi organisasi yaitu menjadikan SDM Polri yang unggul di era police 4.0, dimana salah satu target prioritasnya adalah peningkatan jumlah rumah dinas untuk personel Polri.

“Menurut data dari Asisten Logistik Kapolri bahwa jumlah personel Polri yang sudah memiliki rumah dinas sebesar 17 persen. Tahun ini akan dibangun rumah dinas Polri dengan total anggaran Rp1,3 triliun. Angka tersebut, mencukupi untuk membangun sekitar 3.500 rumah dinas,” ujar Syahrial.

Dikatakan, beberapa satuan kewilayanan sudah dilakukan pembangunan rumah dinas antara lain Polda Jawa Barat, tepatnya di Polres Karawang telah dilakukan pembangunan rumah dinas. Lalu Polda Kalimantan Barat telah dilakukan pembangunan rumah dinas Satbrimob Polda Kalimantan Barat sebanyak 264 unit rumah di atas tanah seluas 5,2 hektar. Kemudian, Polres Manggarai Barat mulai membangun rumah dinas khusus anggota Polri yang bertugas di Polsek Komodo.

“Dengan latar belakang itu dan melihat kondisi empirik tersebut, maka Puslitbang Polri memandang perlu untuk melakukan penelitian evaluasi kuantitas dan kualitas bangunan rumah dinas guna pemenuhan kesejahteraan personel Polri di 10 Polda yang menjadi sampel penelitian,” pungkas Syahrial.

Penulis : R. Hafid