Resmi Berganti, Wakapolda Sultra Kini Dijabat Brigjen Dwi Irianto

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Inpesktur Jenderal (Irjen) Pol Teguh Pristiwanto memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Wakapolda yang digelar di Aula Dhacara Polda Sultra, Senin (3/4/2023).
Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Inpesktur Jenderal (Irjen) Pol Teguh Pristiwanto memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Wakapolda yang digelar di Aula Dhacara Polda Sultra, Senin (3/4/2023). Foto/ist

Kendari – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Inpesktur Jenderal (Irjen) Pol Teguh Pristiwanto memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Wakapolda yang digelar di Aula Dhacara Polda Sultra, Senin (3/4/2023).

Sertijab Wakapolda berbarengan dengan sertijab Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Sultra.

Sesuai surat telegram Kapolri nomor: ST/713/III/Kep./2023 tertanggal 27 Maret 2023 terkait mutasi pejabat Polri, jabatan Wakapolda Sulta berganti dari Brigjen Pol Waris Agono kepada Brigjen Pol Dwi Irianto yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Pidter Bareskrim Mabes Polri. Waris sendiri kini menjabat Danpas Pelapor Korbrimob Polri.

Kemudian jabatan Kabiddokkes Polda Sultra diserahterimakan dari Kombes Pol dr. Bambang Triambodo kepada AKBP drg. Ignatius Hendra Arifianto yang sebelumnya menjabat Kasubbidyanmed Bidyanmedwat Rumkit Bhayangkara Tingkat I Pusdokkes Polri. Pejabat lama dimutasi sebagai Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Bhayangkara Tingkat II Makassar Biddokkes Polda Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Irjen Teguh Pristiwanto memberikan apresiasi kepada para pejabat lama yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

“Kepada pejabat lama, saya selaku Kapolda Sultra menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian selama ini, sukses di tempat tugas yang baru,” katanya.

Teguh juga berpesan kepada para pejabat baru untuk segera menyesuaikan dengan lingkungan tempat tugas yang baru.

“Segera beradaptasi dengan dinamika tugas di Polda Sultra, dengan harapan semoga amanah dan dapat bahu membahu membantu mewujudkan Sulawesi Tenggara yang aman dan tentram,” ujar Teguh.

Upacara sertijab sendiri ditandai dengan pengucapan sumpah janji dan penandatanganan pakta integritas, yang disaksikan oleh seluruh pejabat utama dan jajaran kapolres.

Sebelum dilaksanakannya sertijab, Brigjen Waris Agono menyempatkan diri untuk memimpin apel. Dalam apel tersebut, Waris berpamitan kepada seluruh personel dan pejabat utama Polda Sultra.

“Kami ucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerjasama rekan-rekan sekalian, kami mohon maaf bila ada kesalahan. Ini apel terakhir kami di Mapolda Sultra, kami pamit undur diri,” kata Waris.

Diketahui, Brigjen Waris menjabat sebagai Wakapolda Sultra mulai September 2020 hingga Maret 2023.

Waris kembali bertugas di Mako Brimob Polri, jabatan yang membesarkan namanya. Di Korbrimob dia menjabat sebagai Danpas Pelopor. Sedangkan penggantinya merupakan junior Brigjen Waris di Akademi Kepolisian (Akpol).

Brigjen Pol Dwi Irianto merupakan alumni Akpol angkatan 1991 dan berpengalaman dalam bidang Reserse. Sebelum menjabat Wakapolda Sultra, jenderal kelahiran Mei 1967 ini pernah menjabat sebagai Kasubdit V Dit Tipidum Polri.

Kemudian ia menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi pada tahun 2020 hingga 2021. Lalu setelah itu ia dimutasi menjadi perwira tinggi Polri (Pati) Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Penulis : R. Hafid