Tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna Juara I di Festival Qasidah Nasional 2023

Tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna berfoto bersama sebelum tampil di ajang Festival Seni Qasidah Berskala Besar Tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2023 di Padang, Sumatera Barat. Foto/ist
Tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna berfoto bersama sebelum tampil di ajang Festival Seni Qasidah Berskala Besar Tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2023 di Padang, Sumatera Barat. Foto/ist

Kendari, Bentara Timur – Tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna meraih prestasi gemilang di ajang Festival Seni Qasidah Berskala Besar Tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2023 di Padang, Sumatera Barat yang dilaksanakan selama empat hari sejak tanggal 25 sampai 28 November.

Tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna yang beranggotakan 11 orang ini berhasil memperoleh predikat juara I dalam kompetensi yang diikuti oleh berbagai daerah di seluruh Indonesia. Mereka adalah Inka, Siti, Ade, Iin, Nani, Asti, Una, Mirna, Nining, Jihan, dan Ninda.

Keberhasilan meraih juara I yang diumumkan pada Selasa malam (28/11/2023) ini, merupakan hasil dari dedikasi dan kerja keras seluruh tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna, yang juga mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna tampil memukau dengan penampilan yang dikoreografi secara apik dan vokal yang memukau, menggambarkan kekayaan seni qasidah Indonesia.

Manajer Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna, Martini Dahibu menyampaikan rasa bangganya karena berkat kerja keras tim selama ini dalam berlatih, sehingga Sultra dapat meraih juara I.

“Alhamdulillah berkat kerja keras dan kegigihan dalam berlatih selama kurang lebih satu bulan akhirnya Qasidah Klasik Remaja Putri meraih juara I. Ini tentu membawa nama baik Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Martini lewat panggilan telepon whatsapp messenger, Rabu (29/11/2023).

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Seni Qasidah (Lasqi) Provinsi Sultra, Megawati mengapresiasi prestasi tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna. Menurutnya, keberhasilan tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna telah mengharumkan nama Provinsi Sultra.

Dikatakan, Lasqi Sultra menyambut gembira prestasi yang diraih oleh Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna. Diharapkan keberhasilan ini dapat memberi motivasi kepada anak-anak, remaja, dan generasi penerus bangsa khususnya di Provinsi Sultra dalam mengembangkan dan melestarikan seni qasidah Indonesia.

“Dengan prestasi gemilang di festival seni qasidah tingkat nasional, tim Qasidah Klasik Remaja Putri Kabupaten Muna berhasil menorehkan namanya dalam sejarah seni qasidah Indonesia, memberikan kembanggaan bagi daerah, dan provinsi yang mereka wakili,” ujar Megawati.

Dia berharap, Pemerintah Provinsi Sultra memperhatikan anak-anak yang telah mengharumkan nama daerah di kancah nasional. Sebab selama ini Pemerintah Provinsi Sultra tidak menganggarkan anggaran untuk pembinaan atau penghargaan terhadap mereka yang berprestasi di bidang keagamaan.

“Semoga Pemerintah Provinsi Sultra memperhatikan anak-anak kita ini, karena mereka punya bakat dan berpretasi di tingkat nasional. Semoga bisa di 2024 lebih diperhatikan,” pungkas Megawati.

Penulis : R. Hafid