News  

Masyarakat Bisa Adukan Kinerja Polisi Lewat Aplikasi Propam Presisi

Polda Sultra membuka hotline pelayanan pengaduan melalui aplikasi Propam Presisi. Foto/ist
Polda Sultra membuka hotline pelayanan pengaduan melalui aplikasi Propam Presisi. Foto/ist

Kendari, Bentara Timur – Guna memudahkan masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam mengadukan permasalahan yang dialaminya dengan oknum polisi, Polda Sultra membuka hotline pelayanan pengaduan melalui nomer telepon dan aplikasi WhatsApp.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Sultra Kombes Pol Moch Sholeh, di Kendari, Jumat (7/7/2023).

Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) menyampaikan, bahwa pihaknya telah menyediakan hotline layanan pengaduan Propam Presisi dengan menghubungi nomor WhatsApp dan nomor telepon di 085256339495 atau (0401) 3135203. Selain itu, juga bisa mendownload aplikasi di playstore dan appstore dengan nama Propam Presisi.

Melalui aplikasi tersebut, kata Sholeh, masyarakat dapat dengan mudah berkonsultasi tentang tata cara  pengaduan atau meminta informasi perkembangan penanganan pengaduan yang sudah dilaporkan.

“Ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengadukan adanya oknum polisi nakal atau mempunyai permasalahan dalam mendapatkan layanan kepolisian,” katanya.

Perwira tiga melati ini berharap warga tak ragu memanfaatkan hotline pengaduan tersebut, apabila mengetahui adanya dugaan disipliner atau kode etik yang dilakukan anggota Polri khususnya Polda Sultra dan Polres jajaran.

Sholeh bilang, sejak awal peluncuran layanan hotline, respon masyarakat cukup baik. Hingga saat ini, sekitar 58 orang yang menghubungi Bidpropam baik melalui telepon atau chat WhatsApp. Semuanya di respon dan tindak lanjuti.

“Mayoritas chat atau telepon masyarakat itu, sebagian besar ingin berkonsultasi mengenai cara mengadukan oknum polisi yang diduga melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Sholeh menegaskan, bahwa pada setiap konsultasi atau aduan masyarakat yang masuk, identitas masing-masing pelapor akan dirahasiakan. Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen Bidpropam Polda  Sultra untuk mewujudkan personel Polri yang Presisi.

Dikatakan, Bidpropam juga membuka layanan direct message (DM) melalui aplikasi instagram dan facebook.

“Kami juga mempermudah pelaporan pengaduan melalui direct massage di platform instagram di instagram @yanduan_poldasultra,” bebernya.

Adapun persyaratan dalam melakukan pengaduan, pihak pengadu diminta untuk melengkapi persyaratan, yaitu :

1. Memiliki NIK sesuai KTP;

2. Foto wajah pelapor;

3. Kronologi;

4. Bukti yang jelas dan valid;

5. Saksi saksi.

“Untuk itu masyarakat jangan ragu, jangan takut, manfaatkan layanan hotline pengaduan Bidpropam. Kami jamin kerahasiaan identitas pengadu. Ini untuk mewujudkan untuk Polri khususnya Polda sultra yang lebih baik,” pungkas Sholeh.

Penulis : R. Hafid