Peringati Maulid Nabi, Momentum Bagi Personel Polda Sultra untuk Teladani Rasulullah

Wakapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Dwi Irianto saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah di Masjid Al-Amin Polda Sultra, Jumat (29/9/2023). Foto/ist
Wakapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Dwi Irianto saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah di Masjid Al-Amin Polda Sultra, Jumat (29/9/2023). Foto/ist

Kendari, Bentara Timur – Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah/2023 Masehi dengan khidmat dan kekhusyukan di Masjid Al-Amin Polda Sultra, Jumat (29/9/2023). Kegiatan itu dihadiri oleh pejabat utama dan personel Polda Sultra serta menghadirkan penceramah ustaz Syukring Syamsuddin.

Mewakili Kapolda Sultra, Irjen Pol Teguh Pristiwanto, Wakapolda Brigjen Pol Dwi Irianto membuka peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengusung tema ‘dengan meneladani akhlak Rasullullah SAW kita tingkatkan kinerja dengan ikhlas dan cerdas guna mewujudkan Polri presisi Indonesia maju’.

Irianto bilang, peringatan maulid merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Polda Sultra. Kata dia, kegiatan ini jangan dianggap hanya rutinitas semata akan tetapi harus dapat memetik hikmah dan pelajaran sehingga senantiasa dapat meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah.

“Bagi personel Polri, dengan bekal iman dan takwa akan memberikan dampak bagi ketaatan untuk senantiasa patuh pada aturan dan norma yang di masyarakat,” ujar Irianto.

Menurut Irianto, hikmah yang paling besar dari peringatan maulid nabi yakni agar kita dapat menghayati serta mengamalkan kepribadian serta cara hidup nabi sebagai seorang yang penyabar, rendah hati, jujur, adil, bijaksana, dan berani dalam menegakkan kebenaran, berdisiplin tinggi, serta berbudi pekerti yang mulia.

Bagi para personel Polda Sultra yang mengemban peran sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat serta penegak hukum diharapkan dapat menyikapi fungsi dan perannya melalui perilaku dan kinerja secara profesional guna mewujudkan postur Polri yang presisi yang tergambarkan sebagai sosok pelayan dan sahabat masyarakat.

“Saya ingatkan kepada seluruh personel agar lebih mawas diri, jangan sampai larut dan melakukan pelanggaran serta kejahatan yang dapat mencoreng citra Polri di masyarakat,” pungkas Brigjen Dwi Irianto.

Sekadar diketahui, dilansir situs Kementerian Agama, maulid nabi adalah kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilakukan dengan mengenang kembali sejarah dan perjuangan hidup Rasulullah SAW. Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awwal dalam kalender Hijriah.

Penulis : R. Hafid