Berita  

Tak Ada Tanda Kekerasan, Anggota DPRD Kolaka Meninggal Akibat Lemas

Anggota DPRD Kolaka fraksi Partai Perindo, Syafaruddin Sunu. Foto/ist
Anggota DPRD Kolaka Fraksi Partai Perindo, Syafaruddin Sunu. Foto/ist

Kendari, Bentara Timur – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari mengungkap penyebab kematian anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, Syafaruddin Sunu (57) usai diurut oleh seorang wanita inisial E (38) di salah satu hotel Kendari pada Minggu malam (8/10/2023) sekitar pukul 23.45 WITa.

Kapolresta Kendari, Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman mengungkapkan, berdasarkan hasil visum mayat, penyebab kematian korban karena lemas. Namun, Eka enggan memberikan penjelasan lebih rinci terkait penyebab korban lemas hingga meninggal dunia.

“Berdasarkan keterangan dokter Rumah Sakit Bhayangkara Kendari, penyebab kematian mati lemas. Kami tidak bisa menafsirkan pemicunya, karena itu kewenangan dari dokter Rumah Sakit Bhayangakara,” kata Eka melalui pesan whatsapp messenger, Rabu (11/10/2023).

Baca juga: Anggota DPRD Kolaka Meninggal Usai Diurut Seorang Wanita di Kamar Hotel

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Kendari, AKBP dr Sukardi membenarkan bahwa hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Syafaruddin Sunu mati lemas. Kata dia, tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban.

“Kalau saya memberi komen hasil visum. Visumnya itu mati lemas, tidak ada tanda kekerasan. Itu aja,” ujarnya.

Ia menyebut, korban meninggal kemungkinan karena ada penyakit yang dideritanya. Sukardi menduga bahwa kematian tersebut dikarenakan penyakit jantung atau darah tinggi. Tapi, untuk bisa memastikan hal tersebut dibutuhkan data pendukung yaitu data berobat sebelumnya serta pemeriksaan dalam atau autopsi.

Sebelumnya, Syafaruddin Sunu meninggal dunia pada Minggu (8/10/2023) malam, sekitar pukul 23.45 WITa, di dalam hotel kamar 301 yang berlokasi di Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari. Sebelum meninggal, Syafaruddin Sunu sempat memanggil tukang urut di hotel tempat menginapnya.

Syafaruddin Sunu merupakan anggota DPRD Kolaka periode 2019-2024 dari Partai Perindo. Ia terpilih setelah meraup 904 suara.

Dia maju melalui daerah pemilihan Kolaka 1 yang meliputi Kecamatan Kolaka dan Latambaga. Saat ini, Syafaruddin Sunu juga menjabat sebagai Ketua DPD Perindo Kolaka Timur (Koltim).

Penulis : R. Hafid