Brimob Polda Sultra Bersama Masyarakat Bersihkan Sampah di Tiga Lokasi

Satuan Brimob Polda Sulawesi Tenggara turun membersihkan sampah yang berserakan di beberapa lokasi di Kota Kendari, Kamis (13/7/2023). Foto/ist
Anggota Brimob Polda Sulawesi Tenggara turun membersihkan sampah yang berserakan di beberapa lokasi di Kota Kendari, Kamis (13/7/2023). Foto/ist

Kendari, Bentara Timur – Satuan Brimob Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) berkolaborasi dengan masyarakat dan instansi terkait turun membersihkan sampah yang berserakan di beberapa lokasi di Kota Kendari, Kamis (13/7/2023).

Kabag Ops Satbrimobda Polda Sultra, AKP Asri Diyni mengungkapkan, bakti sosial (Baksos) merupakan bagian dari rencana kerja Polri tahun 2023 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda dan jajaran.

Untuk di Kota Kendari, ia menyebut ada tiga lokasi yang dituju menjadi sasaran aksi bersih-bersih sampah, yakni Pasar Baruga, Terminal Baruga dan Pasar Ranomeeto.

“Masalah sampah yang belum teratasi dengan baik di sekitar Baruga dan Ranomeeto menjadi perhatian utama dalam kegiatan itu,” katanya.

Selain membersihkan sampah, tim juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan bahaya dari pembuangan sampah sembarangan.

Ia berharap, aksi ini dapat memberikan contoh dan memotivasi masyarakat Iainnya untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Aksi bersih sampah ini tidak sekadar menjadi kegiatan sehari, tetapi menjadi langkah awal dalam membentuk budaya kebersihan yang berkelanjutan di masyarakat dengan keterlibatan anggota Polri.

“Sehingga harapannya dengan aksi bersih-bersih dan adanya penyuluhan ini, akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya.

Asri menambahkan, personel yang diturunkan dalam kegiatan tersebut sebanyak 200 orang yang dibagi di tiga lokasi berbeda yakni, Pasar Baruga yang dipimpin oleh Wadanden Gegana AKP Made Edy, Terminal Baruga dipimpin Oleh Danki 2 Batalyon A Pelopor AKP Basri, dan Jalan Utama menuju Bandara Haluoleo Kendari yang dipimpin Kabag Ops Sat Brimobda Sultra AKP Asri Diyni.

Penulis : R. Hafid